Determinan Usia Menarche di SMP Negeri 3 Katibung Lampung Selatan

  • Dorsinta Siallagan
  • Reni Nofita
  • Hanny Desmiati
  • Hanny Desmiati
Keywords: Determinan, Usia Menarche, Siswi SMP

Abstract

Pendahuluan Menarche adalah keluarnya cairan darah dari alat kelamin wanita berupa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang  banyak  mengandung  pembuluh  darah. Tujuan penelitian menganalisa determinan faktor yang mempengaruhi usia menarche. Metode Penelitian deskriptif analitik menggunakan rancangan cross sectioanl study. Populasi 75 orang dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang dengan menggunakan Non Probability Sampling. Data dianalisa dengan uji Chi Square Test.  Hasil  penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan usia  menarche  dengan nilai  X2 hitung = 4,597 lebih besar dari X2 tabel = 3,841. Tidak ada hubungan yang signifikan antara status kesehatan dengan usia menarche (X2=  0,775),  paparan  psikis  (X2=  2,371), dan usia menarche ibu dengan usia menarche (X2= 0,293). Saran masih  ditemukannya siswa yang mengala gizi kurang, diharapkan diadakan penyuluhan kesehatan dan edukasi tentang gizi seimbang tujuan meningkatkan status gizi baik para siswa/i, dan bekerjasama dengan UKS agar dilakukan penilaian status gizi secara berkala sehingga  keadaan  gizi siswa dapat dipantau dengan  baik.

 

Kata Kunci: Determinan , Usia menarche, Siswi smp

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Proverawati, A. (2009) Menarce Mentruasi Penuh Warna. Yogyakarta : Nuha Medika.
2. Susanti, A. V, Sunarto. (2012) Faktor Risiko Kejadian Kenarche Dini pada Remaja di SMPN 30 Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.
3. Maulidiah, F. jawa timur : KTI Stikes Yarsis (2011). Gambaran Status Gizi dan Genetik pada Kejadian Menarche di Perumahan Taman Pinang RW 05 Sidoarjo.
4. Handarsari, Astuti.R, Erma (2010) Usia Menarache, Indeks Masa Tubuh, Frekuensi Konsumsi, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua pada Siswi SLTP di Pinggir dan Pusat Kota.
5. Sherwood, L. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Jakarta : penerbit buku kedokteran ECG, 2011.
6. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
7. Wiknjosastro, H. (2009) Ilmu Kebidanan. Edisi Ke-4 Cetakan ke-2. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo,
8. Derina, A. s.l. (2011) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Usia Menarche, . : Skripsi, PDF,
9. Pudiastuti, Ratna. D. (2012) Tiga fase penting pada wanita. [book auth.] Jakarta : PT Gramedia.
10. Herawati, Rika. Riau (2013) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Usia Menarche pada Remaja Putri di SMP Negeri 8 Tambusai Utara.
11. Amalia, K (2010) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Usia Menarche pada Remaja Putri di SMPN 155 Jakarta.. jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
12. Fidrin, Sori. M, Hiswani (2014) Faktor Yang Berhubungan Dengan Usia Menarche Pada Siswi SMP Negeri 3 Sumbul Tahun 2014.
Published
2020-08-10
How to Cite
Siallagan, D., Nofita, R., Desmiati, H., & Desmiati, H. (2020). Determinan Usia Menarche di SMP Negeri 3 Katibung Lampung Selatan. JURNAL KESEHATAN, 6(1), 9-13. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/78