Hubungan Persepsi Perawat Dengan Efektifitas Pelayanan Home Care di RS Muhammadiyah Bandung

  • Nandang Jamiat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyah Bandung
  • Reynie Purnama Raya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyah Bandung
  • Depi Gustiawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyah Bandung
Keywords: Efektivitas pelayanan, Home care, Persepsi

Abstract

Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (RSMB) sedang berusaha meningkatkan kualitas pelayanan, dengan cara memberikan informasi tentang hospital home care (HHC) yang efektif kepada seluruh perawat agar memiliki persepsi yang sama dengan memberikan pelayanan yang sesuai standar. Tujuan penelitian ini adalah untukĀ  mengetahui hubungan persepsi perawat tentang HHC dengan efektivitas pelayanan HHC di RSMB. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat RSMB dan teknik sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisa data menggunakan korelasi chi-square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi perawat dengan efektivitas pelayanan HHC (nilai p < 0,001). Berdasarkan hasil penelitian tersebut perlu dilakukan upaya nyata dari manajemen untuk meningkatkan efektivitas pelayanan HHC dengan cara memberikan pelatihan dan membuat kebijakan yang jelas tentang HHC di RSMB sebagai bentuk perlindungan hukum petugas dalam memberikan pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta

Azwar, S. 2013, Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Badriah, L. 2006, Metodologi Penelitian Ilmu- Ilmu Kesehatan, Multazam, Bandung

Dahlan, S. 2010, Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel, Dalam Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, Salemba Medika, Jakarta

Erfandi, 2008, Home Health Care. 29 September 2015 (23:00),
http://Betterhealth.wodpress.com/2008/home healthcare.html

Ismani, N. 2014, Etika Keperawatan, Widya Medika, Jakarta

Kustanto, 2014, Pengantar Profesi Dan Praktik Keperawatan Profesional, EGC, Jakarta

Maryani, D. 2014, Ilmu Keperawatan Komunitas, Yrama Widya, Bandung

Notoatmodjo, S. 2010, Metodologi Kesehatan, Rhineka Cipta, Jakarta

Nursalam, 2013, Metode Penelitian Ilmu Keperawatan, Pendekatan Praktis, Salemba Medika, Jakarta

Patricia, A, Potter & Anne, G. Perry, 2010,.
Fundamental Of Nursing
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013, Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Perawat, 27 Januari 2010, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 473, Jakarta

Rifiani, N. & Hartati,S. 2013, Prinsi-Prinsip Dasar Keperawatan, Dunia Cerdas, Jakarta

Robbins, P. & Judge, A. T, 2008, Organizational Behavior. 12th ed. Pearson Education, Inc. Terjemahan Angelica, D. 2008, Prilaku Organisasi, edisi ke-12, Salemba Empat, Jakarta

Safaridah, I. 2011, Pengelolaan Home Care RS AL-Islam Bandung, Seminar Manajemen Home Care, 16 April: 1-5.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta, Bandung

Sumijatun, 2006, Konsep Dasar Keperawatan Komunitas, EGC, Jakarta

Wahyu, M. 2013, Makalah Home Care, 19 September 2015 (09:45), http://nswahyunc/Blogspot.co.id/2013/10/ma kalah home care.html
Published
2019-06-21
How to Cite
Jamiat, N., Raya, R., & Gustiawan, D. (2019). Hubungan Persepsi Perawat Dengan Efektifitas Pelayanan Home Care di RS Muhammadiyah Bandung. JURNAL KESEHATAN, 1(5), 254-258. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/58