Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Pasien Pasca Operasi Appendiktomi di RS Omni Alam Sutera Tangerang
Abstract
Penanganan pada kasus appendisitis paling sering dilakukan dengan pembedahan. Peran penting perawat dalam setiap tindakan pembedahan sangat diperlukan untuk mempersiapkan pasien yang akan melakukan operasi baik secara fisik maupun psikis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pra Experiental Design dengan pendekatan One group pre and post test design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 orang pasien di RS. Omni Alam Sutera Tangerang tahun 2015. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terlihat bahwa t hitung adalah 27,00 dengan nilai probabilitas 0,000, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan terbukti efektif untuk meningkatkan pengetahuan pasien pasca operasi appendiktomi di RS Omni Alam Sutera Tangerang. Pendidikan kesehatan tentang pasca operasi appendiktomi pada pasien sebaiknya lebih optimal diaplikasikan dalam asuhan keperawatan di RS karena dengan pengetahuan yang baik akan mempengaruhi terhadap sikap, nutrisi yang cukup, tehnik mobilisasi dini dengar benar, pemberian obat dengan benar, dan perawatan luka dengan benar, dan perawatan lanjutan yakni kontrol kembali setelah pulang dari RS dan penyembuhan luka.
Downloads
References
Dahlan, S. 2009, Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Edisi 2, Salemba Medika, Jakarta
Dahlan. S. 2011, Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan, Salemba Medika, Jakarta
Hartono, B. 2011, Promosi Kesehatan: Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta
Hastono. S. P. 2007, Analisis Data Kesehatan,
FKM UI, Jakarta
Notoatmodjo, S. 2010, Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku, Rineka Cipta, Jakarta
Notoatmodjo, S. 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
Notoatmodjo, S. 2012, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
Nursalam & Efendi, F. 2008, Pendidikan Dalam Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta Nursalam, 2008, Konsep dan Penerapan
Metedelogi Penelitian Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Edisi 2, Salemba Medika, Jakarta
Nursalam, 2011, Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional, Edisi 3, Salemba Medika, Jakarta
Perry & Potter, 2006, Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik, Edisi 4, EGC, Jakarta
Sjamsuhidajat, de Jong, 2012, Buku Ajar Ilmu Bedah, Edisi 3. EGC, Jakarta
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak cipta pada artikel apa pun dipegang oleh penulis.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan. 5.Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0