Hubungan Pola Konsumsi Tablet Zat Besi Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Puskesmas Serpong

  • Dorsinta Siallagan STIKes Banten
  • Nuntarsih (Penulis 2) STIKes Banten
  • Yunita Melani Fransiska STIKes Banten
Keywords: Pola konsumsi tablet zat besi, anemia, ibu hamil

Abstract

Kekurangan hemoglobin dalam darah ibu hamil mengakibatkan kurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh ibu dan janin, sehingga dapat meningkatkan resiko perdarahan postpartum, abortus, persalinan lama, persalinan premature, inertia uteri hingga menimbulkan kematian pada ibu dan janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola konsumsi tablet zat besi dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data primer. populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan ANC pada bulan Juni sebanyak 81 dan sampel yang dibutuhkan sebanyak 67 responden dengan tehnik accidental sampling, dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian diperoleh kejadian anemia 28,4%, ada hubungan antara antara pola konsumsi tablet zat besi dengan kejadian anemia pada ibu hamil dengan p value = 0,000. Pemberian informasi mengenai cara mengkonsusmi tablet besi dan diadakannya pendampingan menelan obat (PMO) sehingga pola konsumsi tablet besi ibu hamil baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depkes RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta : Depkes RI.

Manuaba, Ida Ayu Chandranita. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB. Jakarta : EGC.

Depkes RI. 2013. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta : Riset Kesehatan Dasar.

Arisman. 2007. Gizi Dalam Daur Kehidupan.
Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran.

Emawati F. 2000. Kebutuhan Ibu Hamil Akan Tablet Besi Untuk Pencegahan Anemia. Bogor : Pusat Penelitian dan Pencegahan Makanan.

Prawirohardjo, Sarwono. 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta : PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Proverawati, Atikah. 2011. Anemia dan Anemia Kehamilan. Jakarta : Nuha Medika.

Profil Puskesmas Serpong Tahun 2015. Sujarweni, Wiratna. 2015. Statistik Untuk
Kesehatan. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Aziz, Efrida. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Padang : Baduose Media.
Published
2019-06-20
How to Cite
Siallagan, D., (Penulis 2)N., & Fransiska, Y. (2019). Hubungan Pola Konsumsi Tablet Zat Besi Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Puskesmas Serpong. JURNAL KESEHATAN, 2(3), 132-135. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/34