Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5 Tahun Yang Mendapat Intervensi Cerita Bergambar di TK Aisyiyah Panongan 1 Kabupaten Tangerang Tahun 2017
Abstract
Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 5 tahun salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan cara pemberian cerita bergambar, karena dengan pemberian cerita bergambar dapat menambah pengetahuan anak, sekaligus mempengaruhi perkembangan bahasa anak, meningkatkan imajinasi sekaligus anak dapat menambah pembendaharaan kata. Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design. Sampel pada penelitian kuantitatif sebanyak 36 orang yang dibagi menjadi 7 kelompok dalam melakukan intervensi. Analisa hasil penelitian menggunakan uji Marginal Homogeneity. Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil sig (0,000) untuk permainan tradisional bentengan yang berarti p value < 0,05 pada taraf signifikan maka Ho di tolak dan Ha diterima. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada perbedaan kemampuan berbahasa pada anak usia 5 tahun. Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dimana pemberian cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5 tahun.
Downloads
References
139.
Bua, M. T., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan Dengan Cerita Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1749-1752.
Fatwikiningsih, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Berkomunikasi Dengan Gambar Pada Anak Dengan Ciri Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Jurnal Sains, 2(3), 226-
242.
Khoiriyah., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36-45.
Mekarningsih, N. K. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak. Jurnal Pendidikan. 3(1), 1- 10.
Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. PT INDEKS, Jakarta.
Soetjinigsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak- kanak Akhir. Prenada, Jakarta.
Wong, D. L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. EGC, Jakarta.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak cipta pada artikel apa pun dipegang oleh penulis.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan. 5.Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0