GAMBARAN STRES ORANG TUA TERHADAP KEGIATAN SFH PADA ANAK SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SETU KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2020

  • Feny Kusumadewi Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
  • Salsabilla Rachmatia Safitri Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
  • Nita Ratna Dewanti Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
Keywords: Covid-19, Stres Orang Tua, SFH Anak Sekolah Dasar

Abstract

Pendahuluan, fenomena yang terjadi saat ini adalah virus corona atau Covid-19. Penutupan sekolah menjadi salah satu pencegahan untuk penyebaran virus ini. Tujuan Penelitian, untuk mengetahui Gambaran Stres Orang Tua Terhadap Kegiatan SFH Pada Anak Sekolah Selama Pandemi Covid-19. Metode Penelitian, penelitian ini menggunakan mix methods, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian, menunjukkan dari jumlah kuantitatif 83 responden dan sampel kualitatif 6 responden pada orang tua siswa SDN Setu Kota Tangerang Selatan didapatkan hasil Tidak Stres (4,8%), Stres Ringan (26,5%), Stres Sedang (68,7%), dan tidak ada yang Stres Berat. Berdasarkan karakteristik stres jenis kelamin, lebih tinggi pada perempuan yaitu sekitar (81,9%) sedangkan pada laki-laki hanya sebanyak (18,1%). Respon Orang Tua Terhadap Kegiatan SFH Pada Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Setu Kota Tangerang Selatan Tahun 2020 dilihat dari: Fisiologis dikeluhkan orang tua yang mengalami Stres Sedang. Respon Orang Tua Terhadap Kegiatan SFH Pada Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Setu Kota Tangerang Selatan Tahun 2020 dilihat dari: Psikologis dikeluhkan orang tua yang mengalami Stres Ringan Dan Stres Sedang. Respon Orang Tua Terhadap Kegiatan SFH Pada Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Setu Kota Tangerang Selatan Tahun 2020 dilihat dari: Sosial dikeluhkan orang tua yang mengalami Tidak Stres, Ringan, dan Sedang. Respon Orang Tua Terhadap Kegiatan SFH Pada Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Setu Kota Tangerang Selatan Tahun 2020 dilihat dari: Spiritual dikeluhkan orang tua yang Tidak Stres. Kesimpulan, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, penulis menyimpulkan bahwa sebagian besar orang tua siswa di SDN Setu mengalami Stres Sedang. Saran, bagi peneliti selanjutnya dapat lebih mengembangkan tentang stres orang tua terhadap kegiatan SFH  pada anak sekolah dasar, karena masih banyak yang perlu dikaji lebih dalam, mengenai stres orang tua terhadap kegiatan SFH pada anak sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, Y., & Handayani, P. (2012). Hubungan Pergantian Waktu Kerja dengan Pola Tidur Pekerja. Kesmas: National Public Health Journal, 6(4), 153 (Diakses 18 Januari 2021). https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i4.92
Anwar, K. (2020). Stres Orang Tua Meningkat Saat Pandemik, Anak Rawan Alami Kekerasan. In (Diakses 24 September 2020). https://banten.idntimes.com/news/banten/khaerul-anwar-2/stres-orangtua-meningkat-saat-pandemik-anak-rawan-alami-kekerasan
Ardahan, M., & Simsek, H. (2016). Analyzing musculoskeletal system discomforts and risk factors in computer-using office workers. Pakistan Journal of Medical Sciences, 32(6), 1425-1429 (Diakses 18 Januari 2021). https://doi.org/10.12669/pjms.326.11436
Asmadi. (2008a). Konsep Dasar Keperawatan : Konsep Stres Dan Adaptasi. Jakarta: EGC.
Asmadi. (2008b). Teknik Prosedural Keperawatan Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Salemba Medika.
Cahyati, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152-159 (Diakses 21 November 2020). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203 (Diakses 21 November 2020)
Calista, A. P., Sriatmi, A., & Budiyanti, R. T. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial dan Proses Adaptasi dengan Status Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga Akibat Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Jakarta Timur. 8, (Diakses 20 Januari 2021). https://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=2020&q=jurnal+interaksi+sosial+terhadap+stress&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3D22poycFqrukJ
Damaiswari. (2014). Hubungan Antara Stres Dengan Kejadian Dispepsia Di Puskesmas Purwodiningratan Jebres Surakarta. 2014(June), 1-2 (Diakses 20 Januari 2021). https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mual+muntah+mempengaruhi+stres&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dssw1jAABJagJ
Delaune & Patricia. (2010). Fundamentals of Nursing Standards & Practice (4th ed.).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61 (Diakses 22 November 2020). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Doremalen et al. (2020). Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2-as Compared with SARS-Cov-1. (Diakses 28 Oktober 2020). https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/nejmc2004973
dr. Andreas. (2020). 6 Hal Yang Meningkatkan Nafsu Makan Anda. (Diakses 18 Januari 2021). https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-naik/faktor-yang-meningkatkan-nafsu-makan/
dr. Fadhli. (2020). Nyeri Otot. (Diakses 18 Januari 2021). https://www.halodoc.com/kesehatan/nyeri-otot
dr. Kevin. (2018). Macam-Macam Penyakit Pada Lambung. (Diakses 20 Januari 2021). https://www.alodokter.com/3-penyakit-yang-mengganggu-fungsi-lambung
dr. Merry. (2020). Fobia. (Diakses 20 Januari 2021). https://www.alodokter.com/fobia
dr. Rizal. (2020). Suka Marah-Marah Tanpa Sebab, Waspada Gangguan BPD. (Diakses 20 Januari 2021). https://www.halodoc.com/artikel/suka-marah-marah-tanpa-sebab-waspada-gangguan-bpd
dr. Ursula. (2018). Mual dan Muntah-Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan. (Diakses 20 Januari 2021). https://doktersehat.com/mual-dan-muntah-pengertian-penyebab-dan-pengobatan/
dr.Verury. (2020). Faktor Penyebab Wanita Lebih Rentan Alami Depresi. (Diakses 18 Januari 2021). https://www.halodoc.com/artikel/faktor-penyebab-wanita-lebih-rentan-alami-depresi?utm_tracker=19d12eb0-809a-4236-885e-df0ac4fa01b9
Dwinanda. (2020). Psikolog Ungkap Dampak PJJ Bagi Orang Tua dan Anak. (Diakses 5 November 2020). https://republika.co.id/berita/qeyk1w414/psikolog-ungkap-dampak-pjj-bagi-orang-tua-dan-anak
Ellya et al. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of Covid-19 Pandemic in Indonesia. 2(3), 1-12 (Diakses 13 Oktober 2020). https://doi.org/10.200609/ijsoc.v2i3.117
Fatria. (2020). Masa Siswa Belajar di Rumah Diperpanjang, Banyak Orang Tua Mengeluh. (Diakses 24 September 2020). https://www.kalbaronline.com
Flick. (2013). Qualitative Data Analysis. (Diakses 22 November 2020). https://pdfs.semanticscholar.org/91b0/f30c29416cc057735e3181a626940f475bf7.pdf
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503 (Diakses 24 September 2020). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503
Hiraoka et al. (2020). Relationship between parenting stress and school closures due to the COVID-19 pandemic. Psychiatry and Clinical Neurosciences, 74(9), 497-498 (Diakses 22 November 2020). https://doi.org/10.1111/pcn.13088
Indira. (2016). National Symposium & Workshop Psychoneneouroimmunology In Dermatology. (Diakses 27 September 2020). https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian14f5969a1df25f8de652c2b71416d2f9
Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid-19 di Indonesia. 15, (Diakses 29 Oktober 2020). https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/pedoman-pelaksanaan-belajar-dari-rumah-selama-darurat-bencana-covid-19-di-indonesia/
Kemendikbud. (2020b). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. (Diakses 3 November 2020). https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/08/20200807-Pembelajaran-di-Masa-Covid-19-2-1.pdf
KemenkesRI. (2020). COVID-19 dalam Angka. (Diakses 18 Oktober 2020). https://www.kemkes.go.id/article/view/20100500001/covid-19-dalam-angka-per-3-oktober-2020.html
Kline-Leidy. (1990). A structural model of stress, psychosocial resources, and symptomatic experience in chronic physical illness. Nurs Res.
KMK RI. (2020). Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor hk.01.07/menkes/413/2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian. 2019, (Diakses 18 Oktober 2020). https://covid19.go.id/storage/app/media/Regulasi/KMK No. HK.01.07-MENKES-413-2020 ttg Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.pdf
Kozier Erb. (2010). Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, & Praktik. Stres dan Koping.
Kumala, D. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga Pada Proses Pembelajaran E-learning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. 2(2), 1-6 (Diakses 21 November 2020). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/public/article/download/599/598
Kurniasari. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. 6(3), (Diakses 22 November 2020). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10423
Lazarus&Folkman. (1984). Stress appraisal and coping, New York. Springer.
Lutfiah, S. Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi COVID-19. 2, (Diakses 27 Oktober 2020). https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/download/554/340
Luthfi, E. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. 3(1), 37-46 (Diakses 21 November 2020). https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/180
Mahfud, I., & Gumantan, A. (2020). Survey Of Student Anxiety Levels During The Covid-19 Pandemic. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 86-97 (Diakses 20 Januari 2021). https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.1103
Marzali, A. (2017). Beragama Dengan Moderat Di Era Pandemi Covid-19. Umbara, 1(1), (Diakses 20 Januari 2021). https://doi.org/10.24198/umbara.v1i1.9604
Masturoh & Anggita. (2018). Bahan Ajar Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan (RMIK) : Metodologi Penelitian Kesehatan. In Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (2018th ed., pp. 82–83).
Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19. 4-6 (Diakses 29 Oktober 2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Navis, A. A. (2019). Bebas Dari Belenggu Stres & Meraih Keluarbiasaan Hidup.
Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Olivia. (2020). studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Manajemen, 16, (Diakses 24 Sept. 2020). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Parenting. (2020). SFH, Tuntut Sekolah dan Orang Tua Kerjasama. (Diakses 18 November 2020). https://schoolofparenting.id/sfh-tuntut-sekolah-dan-ortu-kerjasama/
Perda. (2012). Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Tangerang Selatan. (Diakses 5 November 2020). http://www.bphn.go.id/data/documents/kotatangerangsel-2012-4.pdf
PMK RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). (Diakses 29 Oktober 2020). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135220/permenkes-no-9-tahun-2020
Potter & Perry. (2005). Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik hlm. 476-487.
Prawiyogi. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94-101 (Diakses 22 November 2020). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15347
Putra. (2020). Dampak Positif Anak dan Orang Tua Saat DiRumahAja. (Diakses 5 November 2020). https://pahamify.com/dampak-positif-anak-dan-orangtua-saat-dirumahaja/
Rahmasari. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. 04(2), 158-168 (Diakses 28 Oktober 2020). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2609
Ramesh Bhat, M., Sameer, M. K., & Ganaraja, B. (2012). Eustress in education: Analysis of the perceived stress score (PSS) and blood pressure (BP) during examinations in Medical Students. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 5(7), 1331-1335 (Diakses 11 Desember 2020). https://eprints.manipal.edu/2205/1/Dr_Ganaraja_B_2011.pdf
Redaksi Halodoc. (2020). Sakit Kepala. (Diakses 18 Januari 2021). https://www.halodoc.com/kesehatan/sakit-kepala
Rita, S., Desma, H., & Eka, F. (2014). Perasaan terluka membuat marah. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(2), 103-109 (Diakses 17 Januari 2021). https://media.neliti.com/media/publications/127145-ID-perasaan-terluka-membuat-marah.pdf
Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 4(1), 1-7 (Diakses 22 November 2020). http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/322
Saraswati, M. (2006). Ilmu Pengetahuan Sosial.
SDKI PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia “Definisi dan Indikator Diagnostik.”
Setiawan. (2020). Penerapan School From Home Selama PSBB. (Diakses 28 Oktober 2020). https://www.rancah.com/pendidikan/55610/penerapan-school-from-home-selama-psbb//
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixmethods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunddarth, B. (2001). Buku Ajar Keperawatan Medikal- Bedah.
Susanto, S., & Azwar, A. G. (2020). ANALISIS TINGKAT KELELAHAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA COVID-19 DARI ASPEK BEBAN KERJA MENTAL ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sangga Buana ). Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 13(2), 102-112 (Diakses 20 Januari 2021). https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=keletihan+selama+covid+19&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DqVS3IRcjwv8J
Tussakinah, W., Masrul, M., & Burhan, I. R. (2018). Hubungan Pola Makan dan Tingkat Stres terhadap Kekambuhan Gastritis di Wilayah Kerja Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 217 (Diakses 18 Januari 2021). https://doi.org/10.25077/jka.v7i2.805
Wardhani, T. Z. Y. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48 (Diakses 21 November 2020). https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256
WHO. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. (Diakses 18 Oktober 2020). https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Wijayanti, A., Margawati, A., & Wijayanti, H. S. (2019). Hubungan Stres, Perilaku Makan, Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal of Nutrition College, 8(1), 1 (Diakses 18 Januari 2021). https://doi.org/10.14710/jnc.v8i1.23807
Wirawan. (2012). Menghadapi Stres dan Depresi , Seni Menikmati Hidup Agar Selalu Bahagia.
Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107 (Diakses 22 November 2020). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Yunita. (2020). Respons Orang Tua Terhadap Kebijakan Pebelajaran Jarak Jauh di Provinsi Sumatera Utara. 03(2), 143-153 (Diakses 21 November 2020). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4030
Published
2021-07-25
How to Cite
Kusumadewi, F., Safitri, S., & Dewanti, N. (2021). GAMBARAN STRES ORANG TUA TERHADAP KEGIATAN SFH PADA ANAK SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SETU KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2020. JURNAL KESEHATAN, 7(1), 238-254. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/167