GAMBARAN STRES PADA ANAK SAAT SCHOOL FROM HOME DI SDN RUMPAKSINANG KABUPATEN TANGERANG

  • Nita Ratna Dewanti Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
Keywords: Stres Anak, School From Home, SDN Rumpaksinang

Abstract

Pendahuluan: Di kutip dari artikel bebas.kompas.id fenomena saat ini yang sedang terjadi di seluruh dunia dengan adanya coronavirus atau Covid-19 pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, Provonsi Hubei, China,. Berawal dari kasus lokal, Covid-19 menyebar ke seluruh dunia silih berganti dengan cara penularan yang di sebut kasus impor dari luar wilayah asal atau transmisi lokal antar penduduk. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran stres pada siswa-siswi sekolah dasar dalam menjalankan proses belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Hasil: stres pada anak saat school from home di wilayah pendidikan SDN Rumpaksinang, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dapat di ketahui hasil pengukuran stres melalui kuesioner

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hadi. (2020). Emosional yang muncul akibat stres.
Addi M Idhom. (2020). Tanda dan Gejala Covid-19 serta yang harus di lakukan jika mengalami.
Anugerah Ayu Sendari. (2019). Penyebab Jantung Berdebar-debar, dari Gaya Hidup hingga Kondisi Psikologis.
Bima Baskara. (2020). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Bobby Agung Prasetyo. (2020). Makanan Untuk Mengatasi Lemas. Bunga Kusuma Dewi. (2016). Mengenal Stres Pada Anak.
dr. Anandika Pratiwi. (2020). Kunci Terwujudnya Self-Efficacy.
dr. Damar Upahita. (2020). Kenali Gejala Stres Pada Anak dan cara Mengatasinya.
dr. Rizal Fadli. (2020). Suka Marah-marah Tanpa Sebab.
dr. Verury Verona Handayani. (2020). Waspadai Gejala Penyakit Jantung Akibat Stres.
dr Andika Pawitri. (2020). Mengenal dan Cara Mengusir Rasa Takut dari Pikiran Anda.
Duri Kartika, C. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1994, 8–43. http://eprints.ums.ac.id/37501/6/BAB II.pdf
Firdaus, dr Y. (2020). menghilangkan sakit kepala akibat stres.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Handayani, M. M., Ratnawati, S., Helmi, A. F., & Mada, U. G. (2015). Efektifitas Pelatihan Pengenalan Diri Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri Dan Harga Diri. Jurnal Psikologi, 25(2), 47–55. https://doi.org/10.22146/jpsi.7504
Hidayah, D. (2012). Persepsi Mahasiswa Tentang Harapan Orang Tua Terhadap Pendidikan Dan Ketakutan Akan Kegagalan. Educational Psychology Journal, 1(1), 62–67.
Ibung, D., & PSI. (2013). Stres Pada Anak.
Johny Lambert Rompis. (2020). Waspada Dampak Berbahaya Pandemi Covid-19 Bagi Anak-anak.
Kozier Erb. (2001). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Limbong, S. T. (2020). Virus Corona (Covid-19).
Lindemann, O. (2020). Artikel 29. Ausführungsgesetz Zum Bürgerlichen Gesetzbuche Vom 20. September 1899, 87–92. https://doi.org/10.1515/9783111634487-023
Maretta Putri. (2020). Apa Itu Covid-19.
Maulanski. (2016). Apa Itu Stres ? Apakah stres selalu berarti buruk.
Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. (2020). 23(2), 192–201.
Nurisyah, S. (2020). seberapa Cepat Penyebaran Virus Corona.
Nurmaningtyasih, I. (2015). Analisis faktor penyusun stres pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 44–45. http://etheses.uin-malang.ac.id/1199/
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.
Pebri Mulya. (2020). Fenomena Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19. Potter & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan.
Prof. Dr. Soerjono Soekamto. (2015). Interaksi Sosial.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Salafi Nugraha. (2008). Adalah Respon Positif Dari Suatu Kejadian Yang Menghasilkan Perasaan Yang Menyenangkan, Menantang, Dan Menghasilkan Prestasi Yang Tinggi. 2. 11–45.
Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Sugiyono. (n.d.). Metodologi Penelitian. In 2017.
Supardi. (2013). Metodologi Penelitian.
Susilawati, L. S. dan D. (2020). Bagaimana Virus Corona Menyebar dan menular ke Orang Lain.
Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04(1), 190–200.
Veronica, dr. D. P. (2020). penyebab badan lemas. Winadi yoyada dwi putra. (n.d.). No Title. 8–27.
Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.
Published
2021-07-25
How to Cite
Dewanti, N. (2021). GAMBARAN STRES PADA ANAK SAAT SCHOOL FROM HOME DI SDN RUMPAKSINANG KABUPATEN TANGERANG. JURNAL KESEHATAN, 7(1), 204-237. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/162