HUBUNGAN WFH TERHADAP AKTIVITAS FISIK SEHARI- HARI PADA GURU DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 12 KOTA TANGERANG SELATAN

  • Titi Permaini Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
Keywords: WFH, aktivitas fisik sehari-hari, Covid-19

Abstract

Pendahuluan : WFH berarti bekerja dari rumah yang secara umum biasanya diartikan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Sedangkan Virus corona adalah penyebab penyakit menular yang menyerang infeksi saluran pernafasan, ditemukan pada Desember 2019 di Wuhan, China. Tujuan : Mengetahui hubungan WFH terhadap aktivitas fisik sehari-hari pada guru dalam masa pandemi covid-19 di SMAN 12 kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian : Terdapat hubungan WFH terhadap aktivitas fisik sehari – hari pada guru dalam masa pandemi covid-19 di SMAN 12 kota Tangerang Selatan dengan hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai P-Value 0,01 ≤ α (0,05), sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan : 1.Diketahui hasil distribusi frekuensi WFH pada guru dengan durasi WFH ≥ 20 jam sebanyak 47,8%, sedangkan guru dengan durasi WFH < 20 jam lebih banyak dengan persentase 52,2%. Dan hasil distribusi frekuensi aktivitas fisik sehari – hari pada guru dengan durasi WFH ≥ 20 jam tergolong ringan dengan persentase 41,3%, sedangkan guru dengan durasi WFH < 20 jam memiliki aktivitas fisik yang tergolong sedang dengan persentase 34,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almatsier, 2003. (n.d.). Aktivitas fisik.
Ardella, K. B. (2020). Risiko Kesehatanakibat perubahan pola makan dan tingkat aktivitas fisik selama pandemi COVID-19. 02(01).
Crosbie, T., & Moore, J. (2004). Work–life Balance and Working from Home. Social Policy and Society, 3(3), 223–233. https://doi.org/10.1017/s1474746404001733
Dr. IR. ERNA MARIA LOKOLLO, M. . (2020). Kegiatan Mengajar Belajar Selama Wfh.
International Labour Organization. (2020). An employers’ Guide on Working from Home in Response to the Outbreak of COVID-19. In International Labour Organization. https://www.ilo.org/actemp/publications/WCMS_745024/lang--en/index.htm
Kemdikbud. (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19.
Kemenkes. (2020). http://www.p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/aktivitas-fisik-di-masa-pandemi-covid-19-bagi-orang-dengan-faktor-risiko-ptm-3.
Kemenskes. (2019). Novel Corona Virus. 15–16. http://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component
Kinsman 1987, H. 1990. (n.d.). No Title.
Kusumawardhani, I. (2016). Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 4(2). http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/239/
Mattioli, A. V., Sciomer, S., Cocchi, C., Maffei, S., & Gallina, S. (2020). Quarantine during COVID-19 outbreak: Changes in diet and physical activity increase the risk of cardiovascular disease. Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases, 30(9), 1409–1417. https://doi.org/10.1016/j.numecd.2020.05.020
Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119
Notoatmodjo. (2013). Hipotesis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Oswar Mungkasa. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19.
P2PTM. (2020). http://www.p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/tips-agar-tetap-sehat-di-masa-pandemi-covid-19.
Purwanto, A., Harapan, U. P., & Ekploratif, S. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. 2, 92–100.
Soraya, D., Sukandar, D., & Sinaga, T. (2017). Hubungan pengetahuan gizi, tingkat kecukupan zat gizi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada guru SMP. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 29–36. https://doi.org/10.14710/jgi.6.1.29-36
Tri Suci Rokhani, C., & Negeri Dengkek, Sa. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424–437. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/500
Tukuboya, V. T., Malonda, N. S. H., & Sanggelorang, Y. (2020). Gambaran Aktivitas Fisik Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Selama Masa Pandemi Covid-19. Kesmas, 9(6), 35–45.
WHO. (2020). Pengertian Coronavirus.
Published
2021-07-25
How to Cite
Permaini, T. (2021). HUBUNGAN WFH TERHADAP AKTIVITAS FISIK SEHARI- HARI PADA GURU DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 12 KOTA TANGERANG SELATAN. JURNAL KESEHATAN, 7(1), 177-187. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/160