GAMBARAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ULANG PASIEN HIPERTENSI DI KLINIK KIMIA FARMA MENDRISIO TAHUN 2023

  • Titi Permaini
  • Abd Rauf
  • Resna Soerawidjaya
Keywords: Kepatuhan, Kunjungan ulang, Hipertensi

Abstract

Kepatuhan pasien pada pengobatan penyakit yang bersifat kronis pada umumnya rendah. Rendahnya kepatuhan pasien yang mungkin disebabkan oleh ketidak sengajaan. Penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan ataupun dengan cara modifikasi gaya hidup. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan cross sectional terhadap data primer. Jumlah sampel 100 responden dengan tehnik pengambilan sample purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi menggunakan uji lembar chek-list kuesioner. Hasil penelitian : Diketahui bahwa gambaran kepatuhan kunjungan ulang pada pasien hipertensi berdasarkan karakteristik mayoritas usia dewasa akhir (71 %), jenis kelamin laki-laki (72 %), Pendidikan SMA (54%), memiliki pekerjaan di perusahaan swasta (52%), lama pengobatan <5 tahun (54 %), dan kepatuhan berobat cukup (58%). Kesimpulan : penelitian kepatuhan ini dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk mengetahui kepatuhan pasien hipertensi dalam pengobatannya. Saran : Fasilitas kesehatan merupakan sarana dalam pelayanan, disarankan dapat memberikan motivasi terhadap pasiennya dalam melakukan kunjungan ulang pasien yang terdiagnosa hipertensi agar tidak terjadi komplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pramesti, 2019. Gambaran Kepatuhan Pengambilan Obat Pada Pasien Hipertensi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) Di Apotek Kimia Farma Duren Sawit. Cited desember 2023. Available from : https://ejournal.unsrat.ac.id-
2. Apsari, D. P., Wibawa, I. G. N. M. S., & Maharjana, I. B. N. (2021).
100 100.00
kesehatan
merupakan
Hubungan Dukungan Keluarga dan Peran Tenaga Kefarmasian terhadap Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi: Indonesia. Jurnal Ilmiah Medicamento, 7(1).
3. SUSILOWATI, D. A. (2021). Gambaran Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi di Dusun Nglaseman Ngrajek Kabupaten Magelang (Doctoral dissertation, Karya Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Magelang).
4. Karim, U. N., Dewi, A., & Hijriyati, Y. (2022). Akses Pelayanan Kesehatan Dikaitkan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi Di Rs Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2022.
5. Yunus, M., Aditya, I. W. C., & Eksa, D. R. (2021). Hubungan usia dan jenis kelamin dengan kejadian hipertensi di puskesmas haji pemanggilan kecamatan anak tuha kab. Lampung Tengah. Jurnal Ilmu kedokteran dan kesehatan, 8(3), 229-239.
6. Hasan, A. (2018). Korelasi umur dan jenis kelamin dengan penyakit hipertensi di emergency center unit rumah sakit islam siti khadijah palembang 2017. Indonesia Jurnal Perawat, 3(1), 9-16.
7. Rasajati, Q. P., Raharjo, B. B., & Ningrum, D. N. A. (2015). Faktor- faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pengobatan pada penderita hipertensi di wilayah kerja puskesmas kedungmundu kota semarang. Unnes Journal of Public Health, 4(3).
8. Suratun, S., Ekarini, N. L. P., & Sumartini, M. (2018). Pengaruh Edukasi Gaya Hidup Sehat terhadap Pencegahan Dini Hipertensi pada Remaja. Jkep, 3(2), 131-142.
9. Listiana, D., Effendi, S., & Saputra, Y. E. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penderita hipertensi dalam menjalani pengobatan di Puskesmas Karang Dapo Kabupaten Muratara. Journal of Nursing and Public Health, 8(1), 11- 22.
10. Balqis, S. (2019). Hubungan Lama Sakit Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Dusun Depok Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).
11. Emiliana, N., Fauziah, M., Hasanah, I., & Fadlilah, D. R. (2021). Analisis Kepatuhan Kontrol Berobat Pasien Hipertensi Rawat Jalan Pada Pengunjung Puskesmas Pisangan Tahun 2019. AN-NUR: Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 119-132.
12. Alfian, R., Susanto, Y., & Khadizah, S. 2017. Kualitas Hidup Pasien Hipertensi Dengan Penyakit Penyerta Di Poli Jantung RSUD Ratu Zalecha Martapura. Vol 4, No 1.
13. Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
14. Alimul Hidayat, A.Aziz , 2006, Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Keperawatan Jilid 1, Salemba Medika, Jakarta
15. Departemen Kesehatan RI, 2013, Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Penyakit Hipertensi, Jakarta: Direktorat pengendalian penyakit tidak menular.
16. Dinkes Provinsi Banten. Profil Kesehatan Provinsi Banten Tahun 2019. Serang; 2019.
17. Exa Puspita, 2016. Cited desember 2023. Available from http://lib,unnes.ac.id-
18. Kurniati Prihatin, dkk, 2020. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi. Cited desember 2023. Available form: hhtps://librepo.stikesnas.ac.id-
19. Kemenkes RI. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kemenkes RI; 2018.
20. Notoatmodjo, Soekidjo, 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

21. Nita Emiliana, dkk. 2021 [cited Desember, 2023. Available from https://jurnal.umj.ac.id-
22. Notoatmodjo, Soekidjo, 2007, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.
23. Riskesdas Jateng, 2008, Riset Kesehatan Dasar 2007 Laporan Provinsi Jawa Tengah, Diakses
pada desember, 2023, (http://www.dinkesjatengprov.go.id)
24. Tjay, T. H., & Rahardja,K, 2015. Acited desember 2023. Available from: https://aprints.ums.ac.id-
25. WHO 2012, World Health Day 2013, Measure your blood pressure, reduce yourrisk, diaksestanggal4 April
2015, (http://www.who.int/mediacentre/news /releases/2013/world_health_ day_2 0130403/en/)
Published
2024-08-01
How to Cite
Permaini, T., Rauf, A., & Soerawidjaya, R. (2024). GAMBARAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ULANG PASIEN HIPERTENSI DI KLINIK KIMIA FARMA MENDRISIO TAHUN 2023. JURNAL KESEHATAN, 10(1), 46-53. Retrieved from https://journal.stikesbanten.id/index.php/Kesehatan/article/view/152