PANDANGAN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN PASCA DILAKUKAN VAKSINASI COVID-19 BERDASARKAN TINJAUAN LITERATUR
Abstract
Latar Belakang, Pada Desember 2019, Kota Wuhan, Provinsi Hubei melaporkan kasus pertama pneumonia misterius. Virus itu adalah COVID-19 corona virus Sejak 18 Desember hingga 29 Desember 2019. Angka kematian COVID-19 Indonesia 8,9% Angka tersebut per 30 Maret 2020, terjadi 693.224 kasus dan 33.106 kematian di seluruh dunia. Dampak dan adanya COVID-19 tersebut, menyebabkan perekonomian di indonisa memjai merosot, seperti menjatukna nilai rupiah, harga barang naik terrutama alat-alat keehatan yang harganya melonjak sangat mahal dan persedianya terbatas, Hal ini juga berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Kebijakan vaksinasi untuk PTK diambil sebagai langkah untuk mengurangi kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar pada siswa atau learning lost akibat pandemi Covid-19, terutama bagi yang paling kesulitan menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti peserta didik PAUD, SD, dan SLB; serta untuk mendukung akselerasi penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Di samping itu, ada beberapa alasan mengapa protokol kesehatan tetap wajib di jalankan dan masyarakat perlu mengingat, bahwa vaksin yang ada di Indonsia ini belum bisa di gunakan secara masal. Jumlah vaksin yang masih terbatas saat ini tentu tidak bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia. Dari fenomena di atas, vaksin sudah berlangsung akan tetapi bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan pasca vaksinasi apakah dijalankan atau tidak sedangkan melaksanakan protokol kesehatan sangat di anjurkan setelah vaksinasi seperti Memakai masker, Mencuci tagan memakai sabun atau hand sanitizer, Menjaga jarak, Menjauhi kerukunan, dan Mengurangi mobilitas (5M).Tujuan, Mengetahui pandangan tenaga pendidik terhadap protokol kesehatan pasca vaksinasi covid-19 berdasarkan tinjauan literatur.Metode Penelitian, dalam pencarian database studi literatur menggunakan Embase / CINAHL / Ovid Medline / Cochrane / PubMed / G-Scholar untuk mengambil artikel relevan yang diterbitkan dalam bahasa inggris maupun bahasa indonesia. Kesimpulan, Berdasarkan literatur, disimpulkan bahwa pandangan tenaga pendidik terhadap pasca vaksin dan protokol kesehatan di perlukan adanya edukasi.
Downloads
References
Ada 7 Jenis Vaksin COVID yang Digunakan di Indonesia, Sudah Tersertifikasi WHO? (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5541029/ada-7-jenis-vaksin-covid-yang-digunakan-di-indonesia-sudah-tersertifikasi-who
Azhar, E. I., Hui, D. S. C., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Infect Dis Clin North Am, 33, 1–5.
Dinkes: 3.000 Guru Sudah Divaksin di Tangsel | Republika Online. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://www.republika.co.id/berita/qr507b284/dinkes-3000-guru-sudah-divaksin-di-tangsel
Disdik Tangsel Klaim Telah Vaksinasi 6.186 Tenaga Pendidik. (n.d.-a). Retrieved May 23, 2021, from
https://www.beritasatu.com/megapolitan/756881/disdik-tangsel-klaim-telah-vaksinasi-6186-tenaga-pendidik
Disdik Tangsel Klaim Telah Vaksinasi 6.186 Tenaga Pendidik. (n.d.-b). Retrieved May 22, 2021, from https://www.beritasatu.com/megapolitan/756881/disdik-tangsel-klaim-telah-vaksinasi-6186-tenaga-pendidik
F, K. Ge. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7–22.
Gerakan 5M COVID, Kunci Sukses Mengakhiri Pandemi. (n.d.). Retrieved June 19, 2021, from https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644583/mau-pandemi-usai-ketahui-pentingnya-gerakan-5m-covid-19
India Negara Pertama Catat 400.000 Kasus Covid-19 dalam Sehari - Tekno Tempo.co. (n.d.). Retrieved May 22, 2021, from https://tekno.tempo.co/read/1458481/india-negara-pertama-catat-400-000-kasus-covid-19-dalam-sehari/full&view=ok
Inpres No. 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. (n.d.). Retrieved May 25, 2021, from https://promkes.kemkes.go.id/inpres-no-6-tahun-2020-tentang-peningkatan-disiplin-dan-penegakan-hukum-protokol-kesehatan-dalam-pencegahan-dan-pengendalian-covid19
IPA Terpadu SMP/MTs Kls IX A - Google Books. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/IPA_Terpadu_SMP_MTs_Kls_IX_A/WcRBml2cC-YC?hl=en&gbpv=0
Kemenkes: Vaksin Corona untuk Tenaga Kesehatan Sudah 99,53%. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://nasional.sindonews.com/read/346650/15/kemenkes-vaksin-corona-untuk-tenaga-kesehatan-sudah-9953-1614243735
Kemenkes RI Dirjen P2P. (2020). Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor Hk.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI, 4247608(021), 114.
https://www.kemkes.go.id/article/view/19093000001/penyakit-jantung-penyebab-kematian-terbanyak-ke-2-di-indonesia.html
KemenkesRI. (2021). Vaksinasi Covid-19 Lindungi Diri, Lindungi Negeri. Kementerian Kesehatan RI, 9, 22–50.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/sejumlah-organisasi-guru-mendukung-vaksinasi-bagi-pendidik-dan-tenaga-kependidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 1969010819, 80361.
Mega, N., Saputra, A., & Muharammah, N. W. (2020). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 75–79. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83
Pemerintah Indonesia. (2020). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 2019(039471), 13 pages.
Perilaku, P. (n.d.). Teori dan model perilaku dan Isi. 1–27.
Sagala, H. G. (2020). Peran keluarga dan pasien dalam meningkatkan keselamatan dan pencegahan covid 19. Journal Kesehatan, 4(2), 1–8.
Universitas Muhammadiyah Purworejo. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from http://umpwr.ac.id/index.php/detail/detail_artikel/1
Vaksinasi untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Beri Harapan Baru Bagi Dunia Pendidikan - Berita Terkini | Covid19.go.id. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://covid19.go.id/p/berita/vaksinasi-untuk-pendidik-dan-tenaga-kependidikan-beri-harapan-baru-bagi-dunia-pendidikan
Id, S. H., Wolde, M., & Shitu, K. (n.d.). PLOS ONE vaksin COVID-19 di kalangan.
Tang, J., Chen, C., Lin, C., & Feng, J. (2021). Sejak Januari 2020 Elsevier
telah membuat pusat sumber daya COVID-19 dengan informasi gratis dalam bahasa Inggris dan Mandarin tentang virus corona baru COVID 19 . Pusat sumber daya COVID-19 di-host di Elsevier Connect , situs web berita dan informasi publik perusahaan . Elsevier dengan ini memberikan izin untuk membuat semua penelitian terkait COVID-19 yang tersedia di pusat sumber daya COVID-19 - termasuk konten penelitian ini - segera tersedia di PubMed Central dan repositori yang didanai publik lainnya , seperti database WHO COVID dengan hak untuk penelitian tak terbatas penggunaan kembali dan analisis dalam bentuk apapun atau dengan cara apapun dengan pengakuan dari sumber aslinya . Izin ini diberikan secara gratis oleh Elsevier selama pusat sumber daya COVID-19 tetap aktif . jurnalJournal of Infeksi dan Kesehatan Masyarakat rumah Menjelajahi persepsi risiko guru , penilaian diri khasiat dan pencegahan penyakit langkah-langkah selama wabah 2019 penyakit coronavirus baru.
Penelitian, A. (2001). Psikiatri Anak dan Remaja guru sekolah dasar Pengetahuan dan sikapterhadap gangguan perhatian-defisit-hiperaktif di Gondar , Ethiopia : studi multi-institusional.
Axelsson, I. (2021). Schools do not need to close to reduce COVID-19 but other measures are advisable. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 110(8), 2296–2297. https://doi.org/10.1111/apa.15951
Gobbi, E., Maltagliati, S., Sarrazin, P., Di Fronso, S., Colangelo, A., Cheval, B., Escriva-Boulley, G., Tessier, D., Demirhan, G., Erturan, G., Yüksel, Y., Papaioannou, A., Bertollo, M., & Carraro, A. (2020). Promoting physical activity during school closures imposed by the first wave of the covid-19 pandemic: Physical education teachers’ behaviors in france, italy and turkey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(24), 1–15. https://doi.org/10.3390/ijerph17249431
Fitriani Pramita Gurning, Laili Komariah Siagian, Ika Wiranti, Shinta Devi, & Wahyulinar Atika. (2021). Kebijakan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Di Kota Medan Tahun 2020. Jurnal Kesehatan, 10(1), 43–50.
https://doi.org/10.37048/kesehatan.v10i1.326
Africa, S., Development, S. A., Acyl, F., Free, T., Area, T., Summit, T., Committee, T. S., Tfta, T., Community, E. A., African, S., Community, D., Market, C., Africa, S., Africa, S., Union, A., Tfta, T., Fta, G., Summit, T., Secretary, C., … Summary, E. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Human Relations, 3(1), 1–8. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=bth&AN=92948285&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://bimpactassessment.net/sites/all/themes/bcorp_impact/pdfs/em_stakeholder_engagement.pdf%0Ahttps://www.glo-bus.com/help/helpFiles/CDJ-Page3b
Mega, N., Saputra, A., & Muharammah, N. W. (2020). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 75–79. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83
Hasibuan, R. P. P. M., & Ashari, A. (2020). Optimasi Peran Negara Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 dalam Perspektif Hukum Tata Negara Darurat. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15379
Azhar, E. I., Hui, D. S. C., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Infect Dis Clin North Am, 33, 1–5.
Januari, S., Connect, E., Central, P., & Covid, W. H. O. (2020). Korespondensi.
Pratoko, K. (2021). Jurnal ABDI MERCUSUAR. 01(01), 48–54.
Arif, M., Amalia, E., Sesrianty, V., & ... (2020). Pemberian Edukasi Tentang Pencegahan Infeksi Virus Corona Melalui Etika Batuk Dan Penggunaan Masker Yang Benar Di SMA Al Islah Bukittinggi. Jurnal Abdimas …, 2(1), 70–75. https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/461
Kartini, Eriyono Budi Wijoyo, Rizkiyani Istifada, Elang Wibisana, Nuraini, A. A. A. N. (2021). Health Counseling in Attempts To Change Behavior To Prevent Covid-19 Transmission in Tangerang City , Banten. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 36–43.
Vaksinasi untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Beri Harapan Baru Bagi Dunia Pendidikan - Berita Terkini | Covid19.go.id. (n.d.). Retrieved May 23, 2021, from https://covid19.go.id/p/berita/vaksinasi-untuk-pendidik-dan-tenaga-kependidikan-beri-harapan-baru-bagi-dunia-pendidikan
Copyright (c) 2022 Bella Hijriyah, Titi Permaini, Riksa Wibawa Resna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak cipta pada artikel apa pun dipegang oleh penulis.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan. 5.Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0